Cara Menanam Kangkung Darat Organik

Hasil gambar untuk kangkung organik

Adapun langkah-langkah untuk menanam kangkung darat secara organik diarea pekarangan adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan lahan terlebih dahulu dengan mencangkul dan menggemburkan lahan karena benih tidak dapat tumbuh dengan baik ditanah yang kering. Buatlah tegalan atau gundukan tanah pada pekarang yang akan ditanami tersebut kemudian sebarkan pupuk kandang atau pupuk kompos diatasnya. Biarkan selama semalam.
  2. Setelah tanah siap maka benih kangkung bisa disebarkan secara merata diatas gundukan tanah atau tegalan tersebut kemudian tutupi benih tersebut dengan tanah dan benih terkubur didalamnya. Benih yang telah tersebar diatas tanah tersebut sebaiknya ditutup dengan menggunakan plastik dengan panjang sesuai area gundukan tanah selama semalam dan dengan jarak sekitar 30 cm dari permukaan tanah.
  3. Sirami tanah tersebut dua hari sekali. Kunci untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat menanam kangkung darat adalah jangan sampai Anda lupa untuk menyiramnya setiap hari.
  4. Bibit kangkung yang telah disebar biasanya akan tumbuh setelah hari kelima dan jika kangkung sudah tumbuh membesar lepaskan tutup platik yang digunakan untuk menutupnya selama penyemaian. Kangkung darat tidak memerlukan banyak perawatan, hanya sesekali berilah tambahan pupuk organik sekali dalam seminggu dan jangan lupa untuk menyiraminya.
  5. Kangkung akan siap dipanen setelah 25 hingga 30 hari sejak benih disebar dan jika tidak ingin sekali panen, potong bagian atasnya saja dan biarkan tanaman tumbuh kembali.

Tinggalkan komentar