Kelebihan dan Kelemahan Sayur Organik

Gambar terkait
Kelebihan Sayur Organik
  • Sayur organik adalah sayuran yang bebas akan pestisida, jadi bisa dipastikan bahwa sayuran ini sangat sehat untuk dikonsumsi tanpa harus khawatir menelan residu pestisida yang biasa terdapat pada sayuran biasa.
  • Sayur organik dipercaya memiliki kandungan gizi yang lebih banyak bila dibandingkan dengan sayuran biasa. Penelitian beberapa ahli menunjukkan bahwa kandungan nutrisi seperti vitamin, kalium, kalsium, zat besi, dan magnesium ternyata lebih tinggi 10% daripada produk sayuran biasa (menggunakan pestisida). Pada sayuran biasa, pemakaian pestisida akan membunuh mikroba-mikroba di dalam tanah yang berguna bagi tanaman sayur. Karena itu, pada budidaya sayur organik, tanahnya relatif lebih subur karena tidak tersentuh pestisida.
  • Anda tidak perlu repot-repot mencuci sayur organik dengan cara yang susah. Pada sayuran biasa yang mengandung sisa pestisida, Anda diharuskan mencuci sayur tersebut dengan air matang agar pestisida bisa luruh dan berkurang. Sayur organik yang tidak mengandung pestisida, tetap harus dicuci tapi hanya dengan tujuan menghilangkan kotoran, jadi bisa dicuci dengan air biasa.
Kelemahan Sayur Organik
  • Dari segi kesehatan, sayur organik tidak memiliki kelemahan sedikitpun. Sebaliknya, sayur ini malah menguntungkan bagi tubuh. Tapi, saat ini sayur organik masih agak susah didapat, karena itu harganya cukup mahal dan tak banyak orang yang hobi membeli sayur organik.
  • Dari segi budidaya, sayur organik tergolong sayuran yang “merepotkan” untuk dipelihara. Hal ini dikarenakan pemeliharaan sayur organik harus mendapat perhatian ekstra. Mulai dari bibitnya yang harus bagus, kualitas tanah yang baik, sampai perlindungan terhadap hama-hama pengganggu.
Permasalahan lain adalah pupuk organik yang menjadi syarat mutlak dari sayur organik. Di sisi lain, pupuk organik ini memiliki unsur hara (zat yang dibutuhkan tanaman) lebih rendah daripada pupuk anorganik. Jadi pemakaian pupuk organik pada sayur organik pun harus lebih banyak dan cukup boros.
Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan sayur organik yang sudah terbukti lebih menyehatkan

Tinggalkan komentar