Warung Kopi

Warkop atau warung kopi adalah sebuah usaha yang menjual kopi dan berbagai macam minuman dan makanan. Warkop sering digunakan sebagai tempat berkumpul dan nongkrong. Untuk saat ini jumlah Kedai kopi sudah banyak tersebar di indonesia. Mulai dari konsep kafe hingga gerobak lesehan, semua ada. Menu yang ditawarkan beranekaragam. Kopi dengan campuran krim dan susu, hingga yang disajikan hangat dan dingin. Beberapa menu yang sering di tawarkan pada warkop antara lain :

  1. Kopi
  2. Minuman hangat dan dingin
  3. Mie goreng
  4. Gorengan
  5. Nasi bungkus
  6. Olahan berbahan roti
  7. Camilan
  8. Aneka keripik
  9. Aneka Kacang

Jangan berfikir karena anda membuat usaha warung kopi lantas anda hanya menjual minuman kopi saja, jangan seperti itu. Hal itu hanya berlaku bagi warung kopi tradisional yang hanya menyajikan minuman kopi.

Kombinasikan menu warung kopi anda dengan berbagai jus-jus dan makanan ringan. Tentu hal ini juga akan memperluas pasar usaha warung kopi anda dan trntunya akan menambah income usaha.

Beberapa strategi pemasaran yang perlu dilakukan ketika mendirikan warkop antara lain :

  1. Buatlah konsep bisnis yang sesuai dengan pasar
  2. Menciptakan berbagai macam menu baru agar pelanggan tidak bosan
  3. Memperkenalkan brand produk di sosial media
  4. Memberikan fasilitas yang memadai
  5. Menjalin banyak relasi agar warkop mudah dikenal oleh masyarakat

Memilih lokasi yang strategis merupakan salah satu kunci agar warkop kita mudah di kenal oleh masyarakat. Penentuan lokasi sangat penting bagi keberhasilan sebuah usaha. Analisa sebaik mungkin lokasi-lokasi yang anda target. Selalu pertimbangkan segala kemungkinan yang terjadi sampai hal sekecil-kecilnya apabila perlu.

Pilih lokasi dimana banyak kelas pekerja berada. Jika sulit mendapatkan tempat disekitar kelas pekerja, anda bisa menjatuhkan pilihan di sekitar kampus ataupun di sekitar tempat nongkrong anak-anak muda. Hindari memilih tempat yang aksesnya masih sulit ataupun letaknya yang tersembunyi.

Harga

Sedikit banyak faktor harga adalah salah satu hal penting yang membuat sebuah warkop sukses. Tak ada orang yang mau datang untuk secangkir kopi yang harganya melewati standar harga. Dan harga yang terlalu murah akan menimbulkan tanda tanya apakah kopi yang dijual benar-benar berkualitas baik. Sebelum membuat daftar harga ada baiknya harus melakukan riset dan perhitungan yang tepat. Harga haruslah tak membobol kantong tapi juga tak merugikan warkop itu sendiri. Kalau rasa kopimu nikmat orang juga takkan peduli masalah harga yang sedikit mahal. Karena kepuasan terkadang tak mengenal rupiah. Asal jangan kelewatan.

 

Tinggalkan komentar