Pentol Bakar

Hasil gambar untuk PENTOL BAKAR

Pentol merupakan salah usaha yang cukup popular dan banyak digemari terutama anak anak. Pentol dijual per biji atau ditusuk dan dimakan dengan menggunakan saos dan sambal kacang. Rasanya yang kenyal dan gurih bercampur dengan saos menjadikan lebih lengkap.

ang lagi trend sekarang adalah usaha pentol bakar yang memberika sensasi rasa pentol karena proses pembakaran. Jika dahulunya pentol/cilok cukup dikukus dan dicelupkan di saos, maka sekarang sajian pentol dibakar dulu dengan bumbu lalu dibakar dan disajikan dengan saos/sambal kacang. Usaha pentol bakar peminatnya membludak karena memang dari sisi rasa lebih gurih dank has dibanding pentol kukus sebelumnya. Sebelum disajikan pentol ditusuk lalu dicelupkan di bumbu dan dibakar. Penjualan pentol bakar biasanya mirip dengan sate, jadi pentol ditusuk dengan menggunakan tusuk sate dan dibakar diatas arang.  Jenis pentol yang dijual bisa bervariasi mulai dari pentol ikan (cilok), sapi sampai ayam. Inti dari jenis pentol ini dibanding bakso adalah kandungan tapiokanya lebih banyak sehingga harganya terjangkau. Jika kandungan daging terlalu banyak maka biayanya pasti lebih mahal.

CARA TEPAT MEMULAI USAHA PENTOL BAKAR

  1. Pengertian pentol bakar  adalah usaha yang menjual jenis pentol dari daging sapi dengan sepeda keliling.
  2. Menentukan segmen pasar pentol kaki lima yang akan digarap. Artinya di tahap ini anda menentukan siapa yang akan membeli pentol bakar anda nantinya. Segmen pasar ini sudah jelas adalah kelas menengah bawah, dengan daya beli yang tidak terlalu tinggi.  Tidak hanya berdasarkan daya beli (ekonomi) tapi segmen bisa lebih spesifik berdasarkan daerah (kota, pinggiran, desa) atau gaya hidup. Agar jelas kita memilih segmentasi berdasarkan pendapatan. Lakukan studi untuk memahami perilaku kelas menengah bawah.
  3. Target pasar adalah sasaran atau lingkup usaha pentol kaki lima yang akan anda garap. Penentuan target pasar akan menjadikan usaha anda focus pada satu titik. Target pasar yang utama adalah perumahan perumahan kelas menengah bawah di daerah misal surabaya selatan. Penetapan jangkauan pemasaran menjadi sangat penting karena akan menentukan modal dan ukuran usaha. Jika sudah terlalu banyak pedagang  pentol yang beredar keliling disitu, anda boleh menarik diri dengan mencari perumahan lain yang lebih sepi dari penjual. Tapi jika anda yakin dengan keunggulan pentol bakar yang dijual akan mendapatkan perhatian khusus maka boleh saja “berperang” di daerah padat seperti itu.
  4. Menetapkan positioning dan keunggulan pentol bakar adalah salah satu cara agar jualan kita mudah dikenal dan diingat oleh pembeli. Contoh menetapkan positioning pentol daging kaki lima adalah ingin dikenal sebagai pentol yang higinis dan terjangkau harganya. Yang penting adalah bagaimana mendapatkan perhatian khusus dari konsumen. Membakar pentol adalah salah keunikan yang akan digemari oleh pembeli. Harum pentol saat dibakar bisa menambah selera makan.
  5. Menghitung investasi yang diperlukan

Tinggalkan komentar